Struktur Body Email Lamaran Kerja

Struktur Body Email Lamaran Kerja

1. Salam pembuka

Saat menuliskan body email, awali dengan memberikan salam pembuka untuk rekruter. Bila kamu mengetahui nama HRD atau perekrutnya, maka sobat boleh memberi salam dengan menuliskan nama juga. Namun, apabila sobat tidak tahu juga tidak masalah, tuliskan saja salam pembuka untuk perekrut atau HRD manager dari perusahaan tersebut.

Contoh:

Yth. Bapak Kenzie
Yth Manager HRD [nama perusahaan]

Dear, Ms Putri
Dear hiring manager
Dear HRD of [nama perusahaan]

2. Paragraf Pertama

Setelah salam pembuka diatas, maka selanjutnya masuk ke paragraf pertama. Pada paragraf pertama ini, kamu bisa menuliskan perkenalan singkat nama, sumber informasi lowongan tersebut, dan posisi yang kamu lamar.

Contoh:

“Perkenalkan, saya Junaedi. Saya melihat informasi lowongan pekerjaan ini di situs lowongan kerja update untuk posisi operator produksi. Melalui email ini, saya berniat untuk melamar posisi tersebut.”

3. Paragraf Kedua

Pada bagian ini, kamu dapat menjelaskan tentang ketertarikanmu terhadap posisi yang di lamar dan mengapa sobat merupakan kandidat yang sesuai untuk posisi tersebut.

Jelaskan dengan singkat mengenai pengalaman dan keterampilan yang relevan dengan posisi yang di lamar. Apabila kamu seorang fresh graduate, jelaskan pengalaman organisasi atau magang yang kamu miliki.

Contoh:

“Saya memiliki pengalaman kerja sebagai Jurnalis di PT ABCD Selama 2 tahun. Dalam pengalaman tersebut, saya telah melaksanakan pekerjaan seperti Mengoperasikan mesin injection moulding dan visual check hasil moulding. Dengan pengalaman dan kualifikasi tersebut, saya yakin dapat memberikan kontribusi yang baik bagi PT ABCD.”

4. Paragraf Ketiga

Di paragraf terakhir ini, kamu bisa menjelaskan bahwa sobat telah melampirkan CV atau berkas lamaran yang diminta perusahaan. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada perekrut atas waktu dan mempertimbangan email lamaran kerja kamu ya.

Kamu juga bisa mengungkapkan rasa antusias untuk berdiskusi atau mendengar kabar baik selanjutnya dari perekrut.

Contoh:

“Bersama email ini, saya lampirkan CV, cover letter, dan portofolio karya saya sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu.

Terima kasih atas waktu dan perhatiannya. Besar harapan saya untuk dapat bergabung di tim Bapak/Ibu.”

5. Penutup

Pada bagian penutup email, sobat bisa menggunakan kata “Hormat saya”, “Regards” atau “Sincerely”’ yang diikuti dengan nama lengkap kamu di bagian bawahnya.

Contoh:

Regards,
Junaedi

Atau

Hormat saya,
Junaedi

6. Signature

Jangan lupa menambahkan signature atau informasi kontak yang dapat dihubungi oleh HRD. Pastikan bahwa kamu menulisnya dengan benar dan tidak typo agar memudahkan HRD ketika akan menghubungi sobat. Kamu bisa mencantumkan nama lengkap, nomor HP atau nomor telepon, alamat email, atau akun LinkedIn.

Contoh:

Junaedi
081234567890
Junaedi@gmail

------

Nah, itu dia pembahasan mengenai body email lamaran pekerjaan. Semoga sehat selalu dan lekas mendapat pekerjaan. Yuk bisa kerja tanpa calo.

Jangan lupa ikuti dan follow akun Google News Loker Today